FATHAN FLORA

Alamat Kami : Bumi Anggrek Blok P-177, Karang Satria, Bekasi - Indonesia, Contact Person : Anton (+62 878 8771 2909) atau Juli (0858 8101 2160), Email Address : fathanflora@gmail.com / ciptakaryabersaudara@yahoo.com

TANAMAN HIAS INDOOR

TANAMAN HIAS INDOOR

KEGUNAAN TANAMAN INDOOR

Tanaman di dalam ruangan dapat memberikan efek positif terhadap kesehatan mental, seperti mengurangi stres, kecemasan, dan depresi. Selain itu, keberadaan tanaman di dalam ruangan juga mampu memberikan efek relaksasi serta mampu memperbaiki mood dan membuat Anda lebih tenang. Ada beberapa jenis tanaman yang mampu menyerap gas-gas polutan spt : Dracaena, Sansevieria, Palm dll. Tanaman dalam ruangan selain menyerap gas polutan juga memberikan keuntungan lainnya yaitu udara menjadi lebih segar & bersih, ruangan menjadi lebih indah & menarik. Dengan adanya kondisi demikian secara tidak langsung bisa mempengaruhi productivitas orang-orang yang ada dalam lingkungan tsb,. Tanaman dalam ruangan sangat tergantung pada perawatan rutin dan cahaya. Jangka waktu daya tahan tanaman dalam ruangan bervariasi bergantung pada jenisnya, mingguan hingga bulanan.

12 November 2010

TAMAN RUMAH, Tetap Indah Walaupun Pakai Pot

Semua lahan di rumah sudah ditutup semen, bukan berarti tidak bisa membuatnya hijau. Jangan patah semangat, tanaman dalam pot bisa menjadi solusi.

Taman pada foto di samping terletak di belakang rumah. Lahan di belakang rumah ini sebenarnya sudah tertutup konblok. Tapi itu tidak menyurutkan semangat pemilik rumah untuk menghijaukan area belakang rumahnya. Caranya dengan memenuhi lahan ini dengan tanaman-tanaman pot.
Kalau memasuki area taman belakang rumah ini, Anda akan menemui banyak sekali tanaman dalam pot. Semuanya tersusun rapi di atas rangka-rangka besi. Berbagai tanaman bisa dijumpai di sini, tanaman hijau dan tanaman bunga. Tak cukup di bawah, pemilik rumah juga membuat pot-pot gantung. Semakin hijaulah jadinya.

Ada ide unik di sini, kalau diperhatikan, rangka yang digunakan untuk menggantungkan pot di sini, terbuat dari pagar besi BRC. Mau membuatnya juga? Tinggal tambahkan penyangga, untuk menggantung pagar besi di dinding. Pastikan penyangganya cukup kuat. Pasalnya, Anda mungkin akan menggantung banyak pot di sini.

Taman ini bukan sekadar susunan tanaman-tanaman hijau. Pemiliknya juga memanfaatkan area ini sebagai area duduk. Semua pot sengaja disusun berkeliling, sehingga menyisakan ruangan kosong di bagian tengah. Ruangan kosong inilah yang dimanfaatkan untuk area duduk. Pemilik taman menempatkan set meja bulat dan empat buah kursi logam. Berwarna hijau senada dengan segarnya taman pot.

Menikmati sore di taman ini, bisa jadi kegiatan relaksasi murah meriah. Ditemani secangkir teh hangat, makanan kecil, dan beberapa majalah. Tak ketinggalan sejuknya berada di tengah puluhan tanaman pot. Pasti nyaman dan segar sekali. Tertarik membuat taman pot juga?
Lokasi : Taman milik Budi dan Mariko, Cilandak, Jakarta Selatan
Oleh    : Anissa Q. Aini / Idea
Foto    : iDEA/ Dean Martin Saerang